Kebersamaan “privat” with kelas 9 ISR

Kita ke Malang cuy… (Karya Wisata)

By: Mrs. Avun

Karya Wisata adalah Kegiatan wisata bersama kelas 9 bersama wali kelasnya, pilihan tempat karya wisata ialah sesuai dengan pilihan siswa/I sebagai apresiasi juga bagi kelas 9 yang telah melalui masa Ujian Sekolah. Karya wisata ini juga menjadi masa- masa “kebersamaan akhir”, dimana mereka telah bersama-sama menempuh pendidikan disekolaj ISR selama 3 tahun. Sekolah memberi wadah untuk aspirasi siswa mengadakan karya wisata dalam saat-saat keakraban dan perpisahan sebelum ke jenjang sekolah berikutnya. Kegiatan karya wisata tahun ini ialah ke daerah Malang, Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 – 24 Mei 2024. Keseruan perjalanan di mulai dari rumah pukul 17.00 WIB dan tentunya  transportasi yang digunakan ialah menggunakan kereta computer line Jayabaya. Perjalanan ke Malang di tempuh selama 12 jam, sesampainya distasiun Malang kami disambut hangat oleh tour guide “Batu Tour”. Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan dengan bus, menuju tempat sarapan di Royal Resto Batu Malang. Kemudian di pukul 09.00 WIB kami menuju Coban Rondo yang dalam Bahasa Jawa berarti ‘air terjun janda’. Penamaan ini berhubungan dengan legenda yang kental di Masyarakat Malang. Legenda tersebut menceritakan seorang putri bernama Dewi Anjarwati yang dipinang oleh seorang pangeran bernama Baron Kusuma.

Sekitar jam 12.00 kami makan siang, kemudian melanjutkan perjalanan ke Flora Wisata Santerra De Laponte yaitu objek wisata yang menawarkan sensasi wisata di alam terbuka. Panorama alam pegunungan, serta udara yang sejuk menjadi sebuah sajian penyempurna saat berada di kawasan tersebut. yang paling menyita perhatian adalah kehadiran bunga-bunga indahnya. Lalu Pukul 17.00 WIB, kami check in di Villa melepas penat karena besoknya kami melanjutkan perjalanan ke Jatim park 2. Keesokan harinya kami berkunjung ke Jatim Park 2, salah destinasi menari di jatim park ialah Museum Satwa. Museum ini ini menampilkan beragam koleksi hewan terawetkan dengan baik. Selain itu, ada juga Batu Secret Zoo, Eco Green Park, dan Museum Tubuh. Jawa Timur Park 2 (Jatim Park 2) menawarkan berbagai macam atraksi menarik, kegiatan edukatif, dan hiburan yang cocok untuk keluarga maupun individu. Di wisata ini yang dirasa paling menarik dan paling ditunggu-tunggu anak muda atau dengan siswa/I kami yaitu Museum Angkut karena di tempat ini menampilkan koleksi kendaraan tradisional hingga modern, sejarah, dan film Hollywood.  Kami juga begitu menikmati show-show menarik seperti Man On Fire, Vehicle Live Action, dan Cars & Costume Parade di sini.

Setelah perjalanan ketempat wisata dengan segala hiburan yang ditawarakan akhirnya di pukul 17.00 WIB kami lanjutkan dengan acara Internal yaitu acara malam keakraban. Pada acara ini siswa/I saling kompak untuk menampilkan suatu “challenge” dengan pasangannya yang suda ditetapkan oleh panitia Prom Night, setelah itu kami mengumpulkan siswa/I untuk menceritakan hal yang paling dirindukan dan paling menyebalkan saat-saat seperti apa? (teman,guru dll). Tawa canda dan perasaan bercampur aduk saat itu, kiranya dapat berkesan bagi kami semua khusunya biat siswa/I kelas 9. Setelah itu kami pun kembali beristirahat dan melanjutkan aktivitas berikutnya yaitu Selecta Malang dan terakhir ke Kampoeng Heritage KajoeTangan yang berada di pusat Kota Malang, letaknya tidak jauh dari Balaikota dan alun-alun Kota Malang. Kawasan yang masuk dalam Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen ini merupakan kampung tua di Kota Malang, kampung ini sudah ada sejak abad ke-13. Sisa-sisa kejayaan masa kolonial di kampung Kayutangan masih terjaga rapi dan menjadi potensi besar dan terpendam yakni bangunan-bangunan tua dan bersejarah seperti Makam Mbah Honggo, Kuburan Tandak, Langgar tua, Pasar Talun, Terowongan dan lain-lain.

Perjalanan karya wisata di tahun ini untuk kelas 9 SMP Ign, Slamet Riyadi, Resinda kiranya berksesan dan menjadi pengalaman yang bermakna buat semua yang turut ikut dalam karya wisata kali ini. Tentunya masih ada evaluasi dengan segala pengalaman yang ada. Namun kegiatan karya wisata ini kiranya dapat semakin menumbuhkan rasa keakraban dan kekompakan diantara siswa/I kelas 9 maupun dengan wali kelas 9. See you di karya wisata tahun depan GBU all….. 😉