Holy Mass SMP Ign. Slamet Riyadi, Resinda – Karawang

May God Bless US… For One Years

By : Thomy Veto

Di awal masuk sekolah ditahun ajaran baru, sekolah SMP – SMA Ign. Slamet Riyadi sering mengawali pembelajaran untuk setahun di buka dengan Misa (Perayaan Ekaristi). Pada Tahun ini misa pembukaan tahun ajaran baru 2024 / 2025 dilaksanakan pada Hari Jumat, 26 Juli 2024. Misa dipimpin oleh Pastor paroki St. Marinus, Resinda RD. Antonius Sulastijan, Pr dan diikuti seluruh Siswa/I termasuk para guru-guru SMP/SMA ISR. Dalam Perayaan Misa, biasanya para siswa/I dilibatkan dalam pelayanan, misalnya sebagai Lektor, Kor, Mamzur, Misdinar dan Tatib. Pada Misa kali ini SMP ISR mendapat tugas untuk melayani Kor dan diiringi orkestra biola.

Perayaan Ekaristi berjalan cukup hikmat, apalagi diiringi oleh suara pujian dari kor dan orkestra SMP ISR begitu pula dengan petugas pelayanan dari SMA, bisa melaksanakan perayaan dengan baik. Fun Factnya dalam pelayanan misa ternyata yang bertugas bukan hanya yang katolik namun bagi mereka yang non-katolik juga terlibat misalnya membantu kor dan menjadi pemusik atau tergabung dalam orkes biola. Hal ini bukan sengaja diijinkan sekolah, namun sebagai salah satu cara penanaman nilai toleransi sejak dini.

Dalam homilinya berdasarkan injil (Mat 13: 16-17) Romo Anton membuka dengan cerita “orang pintar dan orang bodoh”. Di zaman sekrang ini Romo berpesan kiranya para siswa/I dapat menjadi orang yang bijaksana mengikuti perkembangan zaman. Melalui misa pembukaan tahun ajaran baru kali ini tentu sekolah memiliki intensi khusus selain meminta berkat kepada Tuhan untuk perjalanan pembelajaran selama satu tahun kedepan, juga meminta berkat dan pertolongan Tuhan untuk semakin berkembangnya kualitas para pendidik serta peserta didik, Dengan begitu PPDB sekolah tetap stabil dan semakin dikenal dikahlayak luas. Selain itu melalui misa pembukaan ini juga mau mengajak kepada seluruh tenaga pendidik dan peserta didik untuk dapat selalu bersyukur atas segala berkat yang masih diterima khususnya sebagai bagian dari Yayasan Salib Suci.