“Video Hoaks” di Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kelas 8 SMP Ignatius Slamet Riyadi Karawang

 Apakah kamu pernah mendapatkan berita hoaks? Berita hoaks saat ini banyak beredar di masyarakat dan media sosial. Banyak orang-orang yang sengaja membuat berita hoaks tersebut. Ini akan menjadi kekhawatiran sendiri. Selain mengandung unsur atau informasi yang tidak benar, berita hoaks juga akan memecah belah banyak pihak.

Meskipun banyak peringatan mengenai berita hoaks, ternyata masih banyak orang yang tidak bisa membedakan antara berita hoaks dengan berita benar. Kita akan membahas mengenai berita hoaks di Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kelas 8 SMP Ignatius Slamet Riyadi Karawang.

            Siswa kelas 8 sebelumnya diberikan materi tentang hoaks dengan menonton video di youtube dan setelah itu siswa membuat refleksi supaya lebih paham di awal. Setelah itu di hari ke 2, siswa dijelaskan dengan penjelasan dari guru berupa ppt supaya lebih kuat dalam pemahaman dasarnya. Oh iya kita mendatangkan juga dari pihak kepolisian supaya siswa mengenal ke hukum/undang-undang dan konsekuensi melakukan/menyebarkan berita hoaks. Kerennn kannn. Jangan lupa guysss karena kita sekolah katolik, kita juga melihat dari sisi iman kristiani tentang hoaks tersebut. Setelah itu, pembagian kelompok, 1 kelompok adalah 4 siswa. Mereka ini mempunyai tugas lhooo, ada yang sebagai editor, aktor, pembawa berita, pencari/membuat berita dan dimulailah tugas tersebut. Taraaaaaa

Dalam mencari mencari berita hoaks dan berita yang benar, siswa harus bisa membedakannya. Termasuk juga menyiapkan desain video yang baik dan benar. Dari membuat konten yang mudah dipahami, gambar video tidak blur, musik/kata-kata cukup jelas dan keras,dll. Mereka juga menyiapkan presentasi dalam bentuk Canva lhooo. Dalam pembuatan dan pengeditan video kita memberikan waktu kepada siswa selama 3 hari. Setelah itu kita dari Tim P5 yaitu saya Ms. Elis, Mr. Ugan, dan Mr. Thomi memilih 3 video terbaik. Dan akhirnya dari setiap kelas 8A, 8B, dan 8C terpilih 1 video hoaks terbaik. Kelas 8A adalah kelompok Liucy, Joanna, Dennis, Delano, Gio; kelas 8B adalah Cintya, Vanes, Nabilah, Marvel, Vincent; kelas 8C adalah Gerwin, Dave, Abby, Audi, Jelita. Oh iya, untuk perayaan besok sebelumnya kita mengadakan gladi resik, dari latihan presentasi setiap kelompok sampai pengisi acara yaitu moden dance dan music club.

Nah, ini yang kita tunggu-tunggu yaitu Perayaan P5. Kita mulai pukul 08.00 dihadiri juga oleh para ortu siswa kelas 8. Kita awali dengan doa pembukaan, kemudian sambutan dari koordinator P5 “Video Hoaks”, diteruskan oleh presentasi setiap kelompok dan diselingi oleh perform modern dance dan music club. Puji Tuhan acara berjalan dengan lancar dan baik, para siswa bisa dikondisikan dengan tertib juga. Terimakasih para guru dan team P5 yang sudah berkerjasama dengan baik sehingga acara P5 ini bisa terlaksana dengan baik. Sampai jumpa di P5 berikutnya yaaaaa. Hatur nuhun.