KEGIATAN PENILAIAN ASESMEN SUMATIF

Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025

By; Francisca Sri Wartiningsih,S.Pd

Kegiatan penilaian asesmen sumatif dilaksanakan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada akhir periode pembelajaran. Dalam kegiatan ini, digunakan dua metode penilaian, yaitu ulangan tertulis untuk menilai aspek kognitif dan presentasi proyek untuk menilai keterampilan serta sikap siswa. Kombinasi kedua metode ini bertujuan memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai capaian belajar siswa.

Tujuan dari Kegiatan penilaian asesmen sumatif ini adalah: Menilai penguasaan konsep dan pengetahuan siswa melalui ulangan tertulis, Menilai kemampuan siswa dalam menerapkan konsep melalui proyek yang dipresentasikan, Memberikan umpan balik bagi siswa dan guru untuk perbaikan proses pembelajaran di masa mendatang. Dimana Pelaksanaan PAS ini dilakukan pada tanggal 4 Desember 2024 sampai dengan 16 Desember 2024. Untuk Penilaian tertulis secara digital yang dilakukan dengan menggunakan CBT dari Aimsis. Sehingga untuk nilai langsung masuk ke nilai raport dalam aimsis. Sedangkan untuk Presentasi proyek ada yang dilakukan individu ataupun kelompok,tetapi untuk pelaksanaan presentasi disesuaikan dengan jadwal yang sudah dibuat oleh panitia PAS.

Untuk Ulangan Tertulis bentuk soal: Pilihan ganda dan uraian. Dan Indikator yang dinilai: Penguasaan konsep dasar, analisis literasi, dan penerapan. Sedangkan Presentasi Proyek disesuaikan dengan Tema proyek sesuai mata pelajaran. Karena ada yang sendiri, ada juga yang kolaborasi (lebih dari 1 mata pelajaran). Untuk Kriteria penilaian: Kualitas produk, Keterampilan presentasi, Kerjasama dalam kelompok, Proses, Pemahaman konsep, dan tidak lupa dresscode/penampilan.

Evaluasi dan Rekomendasi

  1. Evaluasi
    • Ulangan tertulis memberikan gambaran penguasaan konsep, tetapi masih ada siswa yang memerlukan pembimbingan lebih lanjut.
    • Presentasi proyek menunjukkan bahwa siswa memiliki kreativitas dan kemampuan kolaborasi yang baik.
    • Kesiapan siswa dalam mempersiapkan PAS membuat siswa harus belajar mengatur waktu dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Dan tak lupa juga siswa harus berkoordinasi dengan guru untuk konsultasi kesulitan/hambatan yang dihadapi selama mengerjakan projek PAS.
  2. Rekomendasi
    • Menambah sesi latihan soal sebelum ulangan tertulis untuk memperkuat pemahaman siswa.
    • Memberikan waktu yang cukup untuk pengerjaan dan persiapan proyek.
    • Mengembangkan rubrik penilaian yang lebih rinci untuk mengurangi subjektivitas dalam menilai presentasi proyek.
  3. Penutup
    Kegiatan penilaian asesmen sumatif dengan ulangan tertulis dan presentasi proyek berjalan dengan baik dan memberikan gambaran capaian belajar siswa secara menyeluruh. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi acuan untuk perbaikan proses pembelajaran di masa yang akan datang.