Uda gabung Pramuka belum? Seru loh.. Camping bareng …!!!

By: Mr. Ugan

Pelajar adalah generasi muda yang akan menjadi pemimpin pada masa mendatang. Para calon pemimpin tentu harus memiliki kecerdasan, wawasan, semangat juang, dan rasa cinta terhadap tanah air. Dengan bermodalkan hal-hal tersebut, akan lahir para pemimpin bangsa yang handal dan mumpuni, cerdas, berwawasan luas, memiliki semangat juang, dan cinta tanah air.Karakter tersebut harus dibangun dan dipupuk. Oleh karena itu, para pelajar harus membekali diri agar mereka nanti mampu memimpin bangsa.

Gerakan pramuka merupakan wadah persiapan pembinaan generasi muda yang dalam prosesnya Gerakan Pramuka disesuaikan dengan Prinsip dasar dan Metode Kepramukaan (PDK-MK) yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.Gerakan Pramuka ikut serta dalam mempersiapkan diri dalam membangun Bangsa dan Negara Indonesia yang lebih maju dan cerdas.Pendidikan yang diselenggarakan oleh gerakan pramuka merupakan pendidikan nonformal yang dilakukan dalam bentuk kegiatan yang menarik dikalangan anak dan pemuda ,kegiatan ini berasal dari mereka sendiri dan dipimpin oleh mereka sendiri,dengan tanggung jawab dan pengawasan dari para pembina pramuka.

Maka Dari itu SMP Ignatius Slamet Riyadi Karawang, mengadakan kegiatan perkemahan Jumat Sabtu sebagai program kegiatan ekstrakurikuler pramuka disekolah yang diikuti oleh siswa kelas 7,8 dan 9 yang berjumlah 54 siswa yang berlokasi di Imah Urang Klari Karawang yang diselenggarakan pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 22-23 Maret 2024 dengan mengambil tema “Menumbuhkan sikap cinta alam dan kasih sayang sesama manusia”

Dihari pertama jumat, 22 Maret 2024 siswa datang ke lokasi sekitar jam 9 pagi, lalu siswa registrasi ke panitia, setelah registrasi siswa mendirikan tenda sekaligus memasukan barang barang yang dibawa ke tenda, setelah registrasi peserta melanjutkan kegiatan dengan latihan untuk persiapan upacara pembukaan, Upacara pembukaan dimulai pukul 9.30, setelah upacara pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan teknik pramuka yang dipandu oleh kaka pembina sampai jam istirahat makan siang anak anak pada antusias dan merasa senang di dalam kegiatan teknik pramuka. Setelah istirahat makan siang dilajtukan lagi dengan kegiatan kegiatan kepramukaan sampai kegiatan api unggun pada malam harinya sampai istirahat tidur malam. Dari berbagai macam kegiatan yang di ikuti oleh siswa, siswa merasa sangat senang.

Dihari kedua siswa bangun pagi jam 5 dilanjutkan dengan olahraga pagi, setelah oalahraga pagi siswa melanjutkan kegiatan dengan lomba memasak setiap regu mulai lomba jam 6 pagi sampai jam 7. Setelah lomba memasak siswa kembali melajutkan lagi kegiatan kepramukaan dengan penjelajahan dan outbond sampi jam 12 siang. Akhirnya setelah kegiatan kepramukaan selesai siswa membogkar tenda dilanjutkan dengan upacara penutupan dan siswa pulang kembali ke rumah masing masing dengan dijemput oleh orang tua masing masing. Kegiatan pun secara keseluruhan berjalan dengan lancar